Artikel Terbaru :
Home » » Virus Komputer/Internet Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

Virus Komputer/Internet Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

{[['']]}
Dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-15, sebuah perusahaan keamanan komputer Kaspersky Lab mengingatkan kembali kepada kita mengenai 15 Virus Komputer Paling berbahaya dan kompleks yang telah menyerang jaringan komputer di seluruh dunia.

Dan berikut dibawah ini adalah daftar 15 virus paling berbahaya di dunia yang tercatat dalam sejarah, seperti yang di sampaikan Kaspersky dalam siaran persnya pada 17 juli 2012. Namun saya juga akan menjelaskan sedikit uraian dari virus-virus tersebut.


1. Brain
Virus ini muncul pada tahun 1986 sebagai virus pertama yang menyerang komputer. Virus ini juga dikenal sebagai boot virus dan menyerang sistem file allocation DOS. Virus pertama ini dibuat oleh 2 orang bersaudara dari Pakistan bernama Basid Farook Alvi dan Amjad Farook Alvi. Virus Brain bekerja dengan mengganti boot sector dengan sebuah copy dari virus tersebut.boot sector yang sebenarnya dipindahkan ke sektor lain dan ditandai sebagai bad sector. Pada boot sector yang terinfeksi akan muncul pesan seperti ini

"Welcome to the Dungeon © 1986 Brain & Amjads (pvt) Ltd VIRUS_SHOE RECORD V9.0 Dedicated to the dynamic memories of millions of viruses who are no longer with us today - Thanks GOODNESS!! BEWARE OF THE er..VIRUS : this program is catching program follows after these messages....$#@%$@!!"

2. Worm Moris
Virus ini diciptakan oleh seorang mahasiswa dari Cornell Unyversity bernama Robert Tappan Morris yang disebarkan pada 2 November 1988. Mulanya Moris membuat worm ini hanya untuk tujuan menguji populasi internet saat itu, bukan berniat untuk merusak. Namun yang terjadi ternyata lebih dari yang perkirakan, worm yang ia ciptakan telah mengacaukan jaringan internet saat itu. Sekitar 6000 komputer yang tersambung ke internet terinfeksi, atau sekitar 10% dari populasi internet lumpuh. Dan mengaibatkan kerugian sebesar US$ 15 juta. Moris merupakan hacker pertama yang dikenai hukuman cyber di Amerika Serikat. Dia dikenai sangsi hukuman 3 tahun masa percobaan, 400 jam comunity service, serta denda sebesar US$ 10.050. Dan saat ini dia bekerja sebagai pengajar komputer di MIT (Massachusests Institute of Technology).

3. Michelangelo
Virus ini merupakan virus pertama yang menari perhatian media masa secara pasif. Pertama kali ditemukan pada 4 Februari 1991. Virus ini dirancang untuk menginfeksi sistem DOS, tetapi tidak menjangkit sistem operasi atau membuat panggilan OS.

4. Concept
Dibuat pada tahun 1995, virus Concept adalah virus makro pertama yang menyerang sistem operasi Windows dan Mac. Ciri khas dari virus ini adalah tidak dibuat dengan bahasa pemrograman seperti virus komputer pada umumnya, karena virus ini menyebar melalui Miscosoft Word.

5. Melissa
Pertama kali ditemukan pertama kali pada tahun 1999. Virus Melissa diciptakan oleh David L. Smith. Virus ini menyebar melalui email, dubuat dengan program dasar yang sama persis dengan virus makro Microsoft Word. Virus ini bisa dibilang sebagai infeksi global paling dahsyat. Karena virus Melissa merupakan malware email-massal yang telah menginfeksi 20 persen komputer di seluruh dunia. Akibatnya, email server di seluruh dunia terpaksa ditutup untuk mencegah penyebaran virus.

6. Slammer
Terjadi pada tahun 2003, virus worm ini memanfaatkan lubang keamanan pada server SQL buatan Microsoft yang menyebabkan melemahnya jaringan internet di selurus dunia, serta membuat down ratusan jaringan ISP di seluruh dunia. Virus ini sempat membuat macet layanan ATM Bank Amerika Crush, hancurnya layanan 911 seattle, dan Continentel Airlines membatalkan beberapa penerbangan karena error cekin dan ticketing. Bahkan di Indonesia, setidaknya 6 jaringan ISP dilumpuhkan Slammer. Termasuk jaringan milik Telkom Multimedia yang banyak digunakan oleh ISP-ISP di Indonesia. Kerugian ditaksir mencapai US$ 750 juta disebabkan virus ini.

7. Cabir
Virus Cabir merupakan virus ponsel pertama yang ditemukan, virus ini terdeteksi pada 15 Juni 2004 dan dikenal nama Cabir.A. Sejak itu, muncul banyak varian dari virus cabir. Sampai akhir 2004 telah ditemukan 9 varian dari virus cabir. Virus ini menyebar melalui Bluetooth dan menyerang sistem operasi Symbian.

8. Leap
Dikenal juga dengan nama Leap-A/Oompa- A adalah virus pertama yang menyerang sistem operasi Mac OS. Virus ini menyebar dengan masuk melalui iChat dengan format JPEG, mengirimkan semua pesan yang ke semua kontak yang ada pada iChat.

9. Worm Storm
Virus ini ditemukan pada tahun 2007. Storm Worm merupakan sebuah julukan yang diberikan oleh perusaan F-Secure di Finlandia. Virus ini menyebar melalui email dengan judul 230 dead as storm betters Europe. Storm worm adalah sebuah virus trojan yang membuat komputer mengirimkan email spam secara otomatis. Worm storm menyumbang 8% infeksi malware secara global.

10. Koobface
Muncul pada 2008, Koobface merupakan virus malware pertama yang menyerang facebook. Deiperkirakan 120 juta pengguna facebook diserang virus ini yang menggunakan media pengiriman pesan situs jejaring sosial tersebut untuk menginfeksi komputer si pengguna. Pada komputer yang sudah terinfeksi, virus ini akan berusaha mencari informasi sensitif seperti nomor kartu kredit (Credit Card) atau yang lain.

11. Conficker
Bisa disebut juga virus kido atau Win32/Conficker.C . Virus yang sempat mengguncanggan dunia ini telah menginfeksi sekitar 10 juta kompter, dan para ahli mengatakan ada sekitar 350 juta komputer berpotensi ter serang virus ini. Begitu besarnya ancaman yang diakibatkan virus ini sampai-sampai salah satu acara di stsiun TV indonesia yaitu MetroTV, sempat membahas mengenai virus Conficker ini. Virus ini telah menginfeksi perusahan, pengguna rumahan dan pemerintah di lebih dari 200 negara. Sepertinya sasaran utama virus ini adalah Perusahaan piranti lunak terbesar Microsoft. Karena virus ini menyebabkan tertutupnya akses pengguna internet untuk mengunduh di situs Microsoft. Virus ini dapat memutuskan akses internet, sangat canggih dan sulit dihapus. Virus Conficker ini juga menyebar dan memperbanyak diri melaliu USB Flash Drive. Tetapi untuk mencengah penyebarannya ke komputer kita dapat dilakukan dengan mematikan autorun di komputer kita.

12. FakePlayer
Virus ini menyerang ponsel sistem operasi Android. Sebagai virus trojan yang menyebar melalui SMS pada ponsel Android.

13.Stuxtnet
Stuxnet merupakan awal dari perang cyber di internet. Virus jenis malware ini muncul pada pertengahan tahun 2010 yang menyerang Sistem Supervisory Control and Data Acquisition, atau SCADA. Menurut info terbaru yang saya dapatkan, Presiden AS Barack Obama berada dibalik pembuatan virus ini. Awalnya AS menciptakan virus ini untuk menyerang fasilitas nuklir milik Iran. Setelah menyerang fasilitas tersebut, virus ini kemudian menyebar dan menyebabkan kekacauan di jaringan internet seluruh dunia. Akhirnya, dampak serangan terhadap fasilitas Iran tersebut lebih kecil sementara dampak di tempat lain lebih besar. Salah satu perusahaan antivirus Symantec menyebutkan virus tersebut lebih besar 50 kali lipat dari vrus komputer biasa dan mereka tidak berhasil menemukan sumber virus tersebut.

14. Duqu
Malware ini ditemukan pada awal September 2011 lau. Virus ini diduga ada hubungannya dengan virus Stuxnet. Nama Duqu diberikan oleh peneliti Boldizsar Hungaria Bencsath dari laboratorium CrySyS. Virus ini dapat mengubah nama file data dalam komputer dengan awalan "~DQ".

15. Flame
Adalah dianggap sebagai Virus tercangih tahun ini (2012), sebuah program berbahaya sangat canggih yang secara aktif digunakan sebagai senjata cyber untuk menyerang entitas di beberapa negara.
Para ahli menemukan virus berukuran besar itu hampi sama dengan Stuxnet, yang dilancarkan untuk menyerang komputer para pejabat Iran namun kemudian menyebar ke seluruh dunia. Serta telah ditemukan menginfeksi sejumlah sistem komputer di negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Israel, Lebanon, dan Suriah. Malware ini dinamai "Flame" oleh penemunya Kaspersky Lab, Flame ini sendiri memiliki fungsi mata-mata berupa pencurian data dengan berbagai cara dan metode penyebaran yang terkontrol. Flame adalah attack toolkit yang menggabungkan sifat-sifat backdoor, trojan, dan worm sehingga mampu menggandakan diri lewat jaringan dan media eksternal jika diperintahkan oleh pembuatnya. Begitu berada dalam komputer, malware ini bisa menjalankan serangkaian kegiatan mata-mata dan pencurian data, termasuk merekam ketikan keyboard, merekam percakapan pengguna lewat mikrofon, serta mengambil screenshot apabila terdapat aplikasi tertentu yang dijalankan, seperti instant messenger dan Outlook. Cara Flame menginfeksi komputer masih belum diketahui persis, yang pasti adalah melalui celah keamanan di sistem operasi.

Kaspersky Lab didirikan oleh Eugene Kaspersky dan co-founder pada tahun 1997. Berawal hanya dari 20 karyawan, Kaspersky Lab berkembang menjadi perusahaan keamanan privat terbesar dunia, dengan lebih dari 2.400 karyawan di sekitar 200 negara di seluruh dunia. Mengembangkan konten keamanan dan solusi manajemen ancaman, serta menyediakan keamanan IT untuk lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk lebih dari 200.000 perusahaan.



sumber: disini
Share this article :

Poskan Komentar

Terima Kasih telah berkunjung,....semoga sukses selalu !

 
Support : Modifikasi Template | Zalendra | Sponsor
Copyright © 2011. Service Komputer dan Laptop Bergaransi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Fuad Rizal
Powered by Blogger